9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Pada dasarnya strategi advertising melalui mulut ke mulut memang bukan hal yang mudah. Namun, jika memang strategis yang Anda lakukan memiliki perancangan yang baik, maka bukan hal yang tak mungkin untuk mendapatkan banyak pelanggan. Dengan mengenali pelanggan, pemasar bisa melihat kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang lebih baik. Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang / organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan adanya hubungan yang baik, pelanggan akan membantu perusahaan dalam pengembangan keunggulan kompetitif. merespon keinginan pelanggan dengan cepat dan memberi ketepatan waktu dalam proses pengiriman terhadap barang pesanan mereka. Menyediakan informasi mengenai informasi layanan dan penjualan dari pelanggan. Satu kesalahan penting yang dilakukan perusahaan-perusahaan adalah bahwa mereka lebih mementingkan angka kepuasan konsumen – percaya bahwa ini adalah barometer untuk loyalitas.

Pelanggan percaya dengan kita

Konsumen akan merasa lebih nyaman saat belanja on-line ketika informasi yang mereka terima terpampang jelas. Sebelum membeli, sudah menjadi kebiasaan umum bila konsumen bertanya secara element mengenai produk yang akan dibelinya. Saat mengalami masalah, konsumen pun dapat langsung menghubungi costumer service untuk mendapatkan jawaban dan solusi yang dibutuhkan. Studi perilaku konsumen membantu memahami bagaimana keputusan pembelian dibuat dan bagaimana mereka mencari produk. Perilaku pasar Indonesia tidak sama dengan perilaku konsumen di negara seperti Amerika.

Untuk menarik minat customer kamu memang selalu mengunggulkan kelebihannya. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikannya, karena buyer akan menjadi sangat kecewa jika setelah menggunakan produk tidak sesuai dengan apa yang sudah kamu sampaikan di awal. Ketika menjalin hubungan dengan pelanggan, perusahaan harus memerhatikan komunikasi dua arah yang bertujuan untuk memberikan kepuasan jangka panjang kedua pihak, pelanggan, dan perusahaan.

Pelanggan agresif sebisa mungkin akan menyuarakan kekecewaan mereka. Tipe pelanggan semacam ini biasanya tidak menerima alasan yang mengada-ada atau jawaban yang terlalu diplomatis, tapi tanpa solusi. Pelanggan yang pasif biasanya akan diam saja walaupun mereka sebenarnya memiliki ketidakpuasaan. Ini bisa jadi karena mereka tidak mau terlihat menyebalkan, atau mereka pikir perusahaan tidak akan ambil pusing. Mereka tidak mudah membuka diri dan langsung nyaman dengan sesuatu sehingga perlu dibantu dengan menggali hal private dari mereka, misalnya keluarga, sahabat.

Semakin banyak pelanggan yang datang membeli produk bisnis, maka dapat membuat bisnis makin meningkat dan maju. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat membangun relasi dengan pelanggan agar mereka tetap setia membeli produk. Begitu banyak informasi membangun bisa Anda dapatkan untuk mengatur kembali strategi usaha dan menjaga umur bisnis Anda dalam jangka waktu panjang. Jadi, jangan acuh begitu saja dengan kritik dan saran dari pelanggan setia ya. Itulah kenapa para pebisnis biasanya akan menempatkan testimoni dari pengguna di halaman penjualan agar pernyataan dari pengguna tersebut mampu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lain atas produk yang dia jual. Namun, beberapa konsumen kurang percaya dengan kualitas di toko on-line sehingga mereka cenderung lebih tertarik untuk meneliti terlebih dahulu produk yang mereka inginkan sebelum membelinya.

Sejalan dengan semakin banyak suggestions positif yang diterima sebuah usaha, maka semakin baik pula untuk sebuah usaha karena merupakan tanda jika usaha, produk atau jasa yang kita tawarkan dapat diterima dengan baik. Konsumen lebih cenderung mendukung bisnis jika mereka percaya bahwa bisnis itu berbagi keprihatinan dari apa yang konsumen rasakan. Konsumen mendambakan kenyamanan karena teknologi telah membuat segalanya lebih mudah. Di period sekarang konsumen dapat membeli mobil, memesan perjalanan liburan atau berkomunikasi dengan teman secara online. Bisnis dapat memperoleh manfaat dengan memanfaatkan hal ini untuk efisiensi lebih.

Anda dapat menggunakan transkrip Live Chat Anda untuk membuat daftar FAQ Anda hanya dengan menautkannya ke dalam database, disertai dengan kata kunci yang dapat memudahkan pencarian. Agen Live Chatdapat dengan cepat mencari di FAQ untuk mencari masalah serupa dan menggunakan informasi tersebut untuk membantu menyelesaikan masalah saat ini. Agen Live Chat harus mengetahui perilaku online setiap pengunjung sebelum sesi Live Chat dimulai. Agen harus mengetahui halaman yang telah dikunjungi pelanggan, dan jika mungkin, apakah pelanggan telah mengakses situs ini sebelumnya. Ini memungkinkan agen untuk lebih akurat memahami apa yang mungkin dicari pelanggan di dalam situs Anda.

Kata promo memiliki efek yang kuat agar calon konsumen membeli produk yang Anda tawarkan. Apalagi jika kata “promo” diikuti dengan kata “terbatas”, maka akan ada efek desakan secara tidak langsung yang membuat calon konsumen akan membeli produk tersebut. Karena biasanya promo memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku, maka calon konsumen sudah barang pasti tidak akan melewatkan kesempatan emas ini. Media sosial dapat menjadi perangkat yang tepat untuk membantu Anda dalam menangani krisis PR. Bahkan jika akun media sosial perusahaan Anda tidak didesain secara khusus untuk tujuan customer service, hal tersebut tidak akan mencegah orang-orang untuk menghubungi Anda dan menanyakan pernyataan terkait krisis.

Pengalaman tidak menyenangkan ini disinyalir membuat banyak pelanggan skeptis untuk menghubungi layanan costumer service saat mengalami masalah. Minggu lalu, Senior Content Marketer iPrice, Andrew Prasatya, berkesempatan untuk mendatangi kantor Mataharimall. Berdasarkan pernyataan Eric Antono, Head of Costumer Experience Mataharimall, sebanyak 60% pengguna menggunakan fitur Live Chat sebagai channel untuk menyampaikan keluhan.