3 Tipe Konsumen Menurut Ernest Kretschmer

Mulai dari sekarang kita tahu, tuh, gimana cara kita advertising produk atau startup kita biar pas sama tipe buyer yang dituju. Mulai dari gaya bahasa marketing-nya hingga fitur dan keuntungan dari produk kita yang menyesuaikan kebutuhan mereka. Online customer umumnya memiliki toleransi yang sangat rendah atas masalah yang mereka alami. Satu pengalaman buruk saja dapat mengubah persepsi mereka tentang Anda dan produk Anda selamanya.

Ini membutuhkan beberapa level pelatihan dan keahlian, jadi analisis dengan cermat tingkat kinerja setiap agen dan jauhkan dia dari posisi yang lebih menantang sampai mereka siap menangani tekanan. Setiap sesi obrolan langsung adalah peluang untuk menjadikan perusahaan Anda jujur ​​dan terpecaya. Seperti yang mereka katakan, Anda hanya mendapat satu kesempatan untuk membuat kesan pertama.

Semua e-commerce sangat terbuka dihubungi melalui sosial media, seperti Facebook maupun Instagram. Hal ini tercermin dari penggunaan smartphone yang sudah sangat meluas, namun tidak digunakan secara optimum untuk memudahkan aktivitasnya. Karena pemahaman tersebut, salah satu trik dalam psikologi ini digunakan oleh banyak pengusaha untuk membuat pelanggan mereka membeli produk yang dijual.

Minta bantuan dari orang-orang terdekat Anda untuk membantu merekomendasikan produk Anda di sosial media mereka. Menurut Steven Tadali, seorang profesor UCB, dua hal yang membuat calon pembeli sulit mempercayai sebuah bisnis/toko adalah anonimitas dan kerahasiaan. Maka bisa dibilang calon pembeli ingin menerima informasi mengenai identitas ataupun keterangan produk yang jelas, baik, runut, dengan tampilan yang dapat dipercaya. Oleh karena itu, dalam menjual produk di Tokopedia, Anda sebagai Seller diharapkan memberi transparansi yang utuh. Berikan nama jelas toko dan informasi selengkapnya di bagian Deskripsi Produk maupun Catatan Toko.

Saat ini, bisnis on-line dan sosial media memiliki keterkaitan yang kuat. Sosial media, baik itu Twitter, Facebook, Instagram, hingga Google+ serta YouTube bisa menjadi media untuk promosi, memperkenalkan barang dan jasa yang ditawarkan, serta tentunya, menjalin komunikasi dengan pelanggan. Dengan berkembangnya teknologi serta model pemasaran, tak heran jika persaingan bisnis pun terasa semakin menantang. Jika pasar diibaratkan sebagai sebuah kolam pemancingan, riset pasar dapat digunakan untuk mencari kolam pemancingan berisi ikan yang paling sesuai dengan umpan yang kita pasang. Memahami kebutuhan pelanggan melalui riset pasar membantu kita mengerucutkan produk serta jasa yang akan ditawarkan.

Pelanggan percaya dengan kita

Bisa saja itu urusan pribadi ataupun profesinya (tergantung jenis produk/jasa yang startup kita tawarkan). Selain itu, cari tahu apa yang membuat mereka ingin memakai produk kita, seperti keuntungan yang mereka dapatkan atau yang mereka butuhkan. Namun dengan beragamnya buyer kita dan beragam pula tujuan mereka untuk menggunakan produk kita, akan jadi PR yang lumayan juga saat kita harus tahu lebih banyak tentang customer kita. Menghormati pelanggan atau konsumen yang seperti ini layaknya seorang Raja yang harus selalu bisa dilayani. Semoga dengan artikel kali ini, pebisnis dapat menjalankan strategirelationship marketingdengan sempurna demi mendapatkan loyalitas pelanggan. Menjalin hubungan baik dengan buyer tentu harus Anda lakukan setiap saat.

Tidak peduli apakah bisnis tersebut berskala besar atau kecil, kepercayaan dibutuhkan untuk terus menumbuhkan dan mengembangkan bisnis. Membangun kepercayaan merupakan salah satu upaya untuk meraih tujuan-tujuan bisnis yang lain. Misalnya saja dengan membangun kepercayaan kepada konsumen, mereka akan dengan senang hati menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Langkah pertama, pastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi. Kepercayaan dari pelanggan memang memegang poin serta peranan penting dalam bisnis on-line. Terutama dengan banyaknya isu “penipu”, “scam,” dan beragam bentuk ketidak-jujuran lain dalam dunia bisnis on-line. Yang pada akhirnya menjadikan pelanggan pun enggan untuk mulai berbelanja atau menggunakan jasa dari internet bisnis. Karena itu, kamu perlu meningkatkan loyalitas pelanggan, salah satunya dengan promo cashback.